Di-tag: 

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #893

    bampranowo
    Participant

    Lemak di perut merupakan musuh banyak orang. Banyak orang berupaya menyingkirkan lemak di perut. Lemak di perut selain memperburuk penampilan juga merupakan suatu tanda tubuh tidak sehat. Lemak yang tertimbun di perut dapat menimbulkan penyakit tertentu. Berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan oleh adanya penimbunan lemak di dalam perut ini bisa merupakan penyakit yang berbahaya maupun penyakit yang tidak terlalu berbahaya. Namun yang pasti, adanya lemak di perut harus diatasi secepat mungkin

    Cara Menghancurkan Lemak Perut

    Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghancurkan lemak di dalam perut, baik dengan melakukan aktivitas tertentu, penggunaan alat-alat tertentu, pengonsumsian makanan dan minuman yang dipercaya mampu meluruhkan lemak di perut, maupun pengonsumsian obat-obatan tertentu. Berbagai cara tersebut di atas memiliki efektifitas dan kemapuhan tersendiri. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan di bawah ini:

    Olahraga secara teratur
    Untuk mendapatkan fungsi olahraga yang dapat menghancurkan lemak pada perut, maka jenis olahraga yang tepat adalah olahraga kardio, seperti berjalan cepat, lari cepat, jogging, senam aerobik, bersepeda, dan lain sebagainya. Aktivitas olahraga tersebut dianggap sebagai jenis olahraga yang menggunakan kardio karena seluruh tubuh mulai dari kepala hingga ke ujung kaki melakukan pergerakan atau bergerak dan hal ini sangat baik untuk membakar lemak di perut. Jika hasil yang diperoleh dari jenis olahraga ini belum maksimal, maka olahraga yang dapat dilakukan untuk mendampingi olahraga dengan kardio ini misalnya angkat beban. Angkat beban dapat dilakukan selama sekitar 10-20 menit.

    Pemenuhan asupan zat gizi tertentu
    Beberapa vitamin yang diperlukan untuk pembakaran lemak di dalam perut adalah vitamin C dan protein. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang kurang mengonsumsi vitamin C akan mengalami kesulitan untuk mengurangi lemak yang ada di dalam tubuhnya dibandingkan orang yang rajin mengonsumsi vitamin C. Hal ini disebabkan vitamin C mampu membentuk kartinin, dimana kartinin ini merupakan senyawa yang mampu mengubah lemak menjadi energi untuk tubuh sehingga penumpukan lemak pun dapat teratasi. Asupan vitamin C yang rendah akan menyebabkan berat badan menjadi bertambah dan juga peningkatan lingkar pinggang. Selain vitamin C, zat gizi yang perlu dicukupi adalah protein.

    Asupan makanan yang mengandung protein akan memberikan rasa kenyang lebih lama daripada makanan yang banyak mengandung karbohidrat sehingga tidak akan mudah merasa lapar dan secara otomatis dapat mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jenis protein yang dibutuhkan ini dapat berupa protein nabati maupun protein hewani.
    Konsumsi makanan dan minuman penghancur lemak
    Salah satu cara membakar lemak yang ada di dalam tubuh adalah mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Makanan dan minuman ini akan dibahas lebih detail dalam bagian inti dari artikel ini.

    Penggunaan alat khusus untuk membakar lemak
    Seiring perkembangan zaman, berbagai macam inovasi dalam teknologi diciptakan untuk dapat membuat hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah alat yang digunakan untuk membakar lemak. Biasanya alat ini akan memberikan panas yang ekstra sehingga pengguna dapat dengan mudah mengeluarkan keringat. Alat-alat seperti ini biasanya dilengkapi dengan bahan tertentu seperti batu alam yang mampu memancarkan gelombang elektromagnetik maupun infra merah yang nantinya akan sangat berguna untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

    Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghancurkan lemak di dalam tubuh. Selanjutnya akan dibahas lebih lanjut mengenai makanan dan minuman yang dapat menghancurkan lemak khususnya lemak yang ada di dalam perut.

    Makanan Penghancur Lemak Perut

    Makanan di dunia ini sangatlah banyak jenisnya dan sebagian besar dari makanan tersebut adalah makanan yang mengandung nutrisi dan juga mengandung berbagai manfaat. Salah satu fungsi yang dimiliki makanan adalah sebagai penghancur atau pembakar lemak yang ada di dalam tubuh, khususnya yang berada di dalam perut manusia. Namun, tidak semua makanan dapat menghancurkan lemak atau membakar lemak perut, hanya beberapa makanan saja yang mempunyai fungsi yang demikian.

    Beberapa makanan yang dapat menghancurkan atau membakar lemak dalam perut, antara lain:

    1. Telur

    Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa protein mampu mengontrol nafsu makan seseorang, maka telur ini sifatnya dapat membantu agar seseorang merasa kenyang lebih lama. Akan tetapi, pengonsumsian telur lebih baik jika dilengkapi dengan pengonsumsian vitamin C secara rutin.

    2. Daging Segar

    Makanan yang mengandung protein tinggi selanjutnya adalah daging segar. Daging segar yang dimaksud berupa daging sapi atau sejenisnya. Daging segar mempunyai banyak kandungan protein yang berguna untuk mengontrol nafsu makan. Manfaat yang akan diperoleh dari daging ini akan lebih optimal jika disertai dengan pengonsumsian vitamin C dan akan lebih baik lagi jika diolah menjadi sedikit kandungan gulanya.

    3. Minyak Ikan Salmon

    Salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi lemak yang ada di dalam perut adalah mengonsumsi minyak ikan salmon. Hal ini karena minyak ikan salmon mengandung banyak sekali protein yang berguna untuk mengontrol nafsu makan.

    4. Nanas

    Nanas merupakan salah satu buah yang mempunyai kandugan enzim bromelain, yang mana enzim ini mempunyai sifat anti inflamasi. Enzim ini yang pada akhirnya akan membantu menciptakan perut yang datar.

    5. Semangka

    Sebuah organisasi kesehatan di Amerika Serikat melakukan penelitian dan menyatakan bahwa semangka adalah salah satu buah yang sangat baik untuk mengurangi lemak yang ada di dalam perut. Buah semangka ini mengandung air sebesar 91% sehingga ketika memakan semangka maka akan banyak air yang masuk dalam tubuh. Dengan demikian membantu seseorang merasa kenyang sehingga tidak makan terlalu banyak. Sebuah studi di Kentucky membuktikan bahwa mengonsumsi 2 gelas jus semangka setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan berat badan.

    6. Almond

    Almond merupakan jenis kacang yang mengandung banyak lemak sehat, lemak tak jenuh ganda, dan juga lemak tak jenuh tunggal. Kedua lemak ini sangat berperan untuk mencegah agar seseorang tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan. Sebuah penelitian juga menghasilkan bahwa kacang almond ini dapat menekan rasa lapar.

    7. Seledri

    Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat rendah kalori. Jika menginginkan perut yang datar, maka setiap hari harus mengonsumsi berbagai sayuran hijau dan salah satunya adalah seledri ini. Seledri ini selain rendah kalori juga merupakan sayuran yang mengandung banyak serat, mengandung banyak kalsium, dan juga mengandung banyak vitamin C, yang mana semua kandungan tersebut sangat berguna dalam penurunan berat badan. Untuk mendapatkan hasil kerja seledri yang optimal dapat dilakukan dengan mengonsumsi setengah gelas jus seledri menjelang makan siang atau sebelum makan malam agar membatu sembersihkan sistem pencernaan Anda. Seledri ini juga bisa ditambahkan pada salad dan juga sup.

    8. Mentimun

    Mentimun merupakan sayur yang menyegarkan badan dan juga rendah kalori. Dari 100 gram timun hanya mengandung kurang lebih 45 kalori. Dengan mengonsumsi mentimun setiap hari membantu tubuh terhindar dari risiko penumpukan lemak perut. Mengonsumsi satu piring salad mentimun setiap hari merupakan salah satu cara yang efektif dan sehat untuk membersihkan tubuh dari racun yang berbahaya yang dapat dilepaskan oleh sistem pencernaan. Hal ini juga mampu membantu proses penurunan berat badan.

    9. Tomat

    Tomat adalah buah sayur yang mengandung kalori dalam jumlah rendah. Satu tomat ukuran besar hanya mengandung 33 kalori. Tomat ini juga mengandung senyawa 9-oxo-ODA, yaitu senyawa yang membantu mengurangi tekanan lemak dalam darah termasuk mengurangi lemak di perut. Senyawa tersebut juga dikenal mampu memerangi penyakit kronis yang berhubungan dengan obesitas.

    10. Alpukat

    Alpukat merupakan buah yang baik untuk dapat membakar lemak yang ada di dalam perut. Hal ini karena alpukat mempunyai sifat antibakteri dan antijamur dan mengandung nutrisi yang bermanfaat. Selain itu, alpukat juga mengandung amino lesitin. Amino lesitin ini dikenal sebagai nutrisi yang mampu mengontrol berat badan. Alpukat ini juga merupakan sumber lemak baik tak jenuh tunggal dan juga lemak tak jenuh ganda yang berfungsi untuk membakar atau menghancurkan lemak di dalam perut dengan mudah. Kandungan serat alpukat yang tinggi juga mampu mengontrol makan dan menghindarkan dari mengonsumsi makanan secara berlebihan.

    11. Apel

    Apel merupakan buah yang mengandung bayak serat sehingga mengonsumsinya akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sebuah studi di Brasilia membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi > 3 buah apel dalam satu hari akan lebih cepat kehilangan berat badannya daripada mereka yang tidak. Dalam buah apel juga dikenal mengandung senyawa polisakarida yang dikenal dengan nama pektin yang berfungsi untuk menurunkan berat badan.

    12. Pepaya

    Pepaya sangat dikenal sebagai salah satu buah terbaik dalam proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan pepaya mempunyai sifat rendah lemak sehingga buah ini akan membantu dalam proses diet dengan cara cepat dan tepat.

    13. Jamur

    Jamur dikenal sebagai salah satu makanan yang sangat menkjubkan dalam menciptakan perut yang datar dan juga langsing. Hal ini karena mengonsumsi jamur akan membuat kita merasa kenyang lebih cepat sehingga akan menjaga nafsu makan. Dengan terjaganya nafsu makan, maka hal ini akan membantu pergerakan usus yang tepat dan juga memberikan peranan dalam proses penurunan lemak, khususnya lemak perut.

    14. Yogurt Yunani

    Yogurt merupakan salah satu pilihan makanan yang tepat untuk membantu mengurangi lemak perut. Mengonsumsi yogurt yunani dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam perut sehingga akan menghindarkan perut kita dai rasa kembung. Lalu, mangapa harus yogurt yunani? Hal ini karena yogurt yunani dikenal lebih baik daripada yogurt yang biasa dan dalam proses pembuatannya mampu menghasilkan lemak dan juga gula yang lebih rendah dibandingkan yogurt jenis lainnya. Selain itu, yogurt yunani juga mengandung protein yang tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama akibat protein yang dikandungnya. Di samping itu, yogurt yunani mampu menstabilkan insulin, yaitu suatu hormon yang berhubungan dengan penyimpanan kalori.

    15. Pisang

    Pisang merupakan salah satu buah yang dipilih untuk membakar lemak. Pisang ini mengandung sebuah enzim yang dapat mempercepat proses pencernaan dan membantu dalam proses penurunan berat badan.

    16. Oats

    Oats merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk menghancurkan atau membakar lemak, khususnya lemak perut. Oats merupakan asupan yang paling baik bagi tubuh untuk memulai beraktivitas. Hal ini karena oats yang mengandung bayak serat akan membantu dalam penurunan berat badan dan juga membuat perut kenyang lebih lama.

    17. Anggur

    Anggur merupakan salah satu buah yang berfungsi untuk membakar lemak. Hal ini karena anggur memberikan perasaan kenyang akibat proses pencernaan yang lambat. Jus anggur dapat mengurangi 10 pound dalam 10 hari. Namun harus diperhatikan bahwa pengonsumsian jus anggur ini harus bebas dari gula.

    Itulah berbagai makanan yang dapat dikonsumsi dan dapat membakar lemak pada perut dan menciptakan perut yang datar. Jika merasa bosan dengan satu makanan, dapat dibantu dengan mencoba makanan lain karena banyak sekali makanan yang mempunyai fungsi tersebut. Namun perlu diingat bahwa dalam mengonsumsi makanan ini juga diperlukan adanya olahraga yang cukup agar nantinya hasil yang didapat lebih optimal.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.