Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #906

    bampranowo
    Participant

    Disini, akan banyak informasi tentang kehidupan sehari-hari yang tidak anda sadari, bahwa aktifitas yang anda lakukan termasuk dalam kategori gaya hidup tidak sehat. Jangan-jangan selama ini sejak Anda bangun dari tempat tidur, Anda sudah melakukan banyak kesalahan . Ketika anda hendak tidur, anda telah melakukan kesalahan yang mempengaruhi nasib kesehatan Anda nantinya. Lebih lengkapnya, silakan baca peringatan mengenai kebiasaan tidak sehat di bawah ini.

    #1. Sering Bangun Tidur Tiba-Tiba

    gaya hidup tidak sehat – Bangun tidur tiba tibaDalam hal ini, kenapa bangun tidur yang tiba-tiba menjadi gaya hidup tidak sehat. Hal ini pernah saya alami sendiri, ketika saya tidur terlelap, tiba-tiba ibu saya membangunkan saya dengan membuka pintu. Seketika itu, saya terbangun dan langsung berdiri kemudian turun tangga. Akan tetapi, ketika saya posisi berdiri waktu itu kepala saya terasa pusing dan berkunang-kunang.

    Mengapa Berbahaya ?

    Ketika saya cari informasi terkait hal ini, dijelaskan bahwa sebenarnya Ketika kita dalam kondisi terjaga / beraktifitas, otot manusia mengalami kontraksi (ketegangan). Tetapi ketika tidur, otot-otot kita mengendur & beristirahat, salah satunya terjadi pada otot leher. Waktu kita terbangun, otot leher tegang karena harus menahan kepala yang berat, akan tetapi pada waktu kita tidur otot leher tidak bekerja untuk menopang kepala, dan mengendurkan otot yang tegang. Maka dari itu, Ketika kita tertidur lelap dan tiba-tiba terbangun, tak jarang kita merasakan pusing dan bingung akan arah. Sebenarnya, kita disini belum terbangun sepenuhnya.

    Kondisi seperti ini adalah Kondisi fisik yang sudah bangun, sedangkan kondisi otak belum bangun. Pada kondisi ini, otak kita belum siap menerima dengan benar perintah dari seluruh organ di tubuh kita. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, akan tidak baik bagi fungsi kinerja otak sendiri .

    Tips Pencegahan :

    Tidur yang cukup minimal 6-8 jam untuk dewasa
    Jangan tidur terlalu larut
    Tidak memakai alarm
    Olahraga cukup
    Konsumsi makanan kaya serat.
    #2. Sering Bangun Kesiangan

    Hal ini juga pernah saya alami, ketika hari libur saya seringkali memanjakan diri di atas tempat tidur. Artinya, saya masih dalam kondisi tidur. Akan tetapi ketika saya bangun saya seringkali merasa lesu serta pusing. Ketika saya mencari informasi tentang ini, ternyata ada penelitian yang menjelaskan bahwa bangun Kesiangan merupakan Kebiasaan buruk yang tidak baik sekali, dan fisik cenderung mudah terserang penyakit, salah satunya Kanker Hati.

    Mengapa Berbahaya ?

    Hal ini dikarenakan, ketika bangun kesiangan, kita tidak BAB di pagi hari, melewatkan makan pagi, Padahal pukul 5:00 s/d 07:00 a.m adalah waktu bagi tubuh untuk membersihkan tubuh dari segala macam kotoran dan racun yang tidak sengaja masuk di dalam tubuh atau biasa disebut de-toxin. Sehingga, dari sini ketika kita bangun kesiangan kita membiarkan berbagai macam kotoran, racun yang itu tetap bersarang di tubuh kita. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kita mudah terkena penyakit.

    #3 Tidak Sarapan Pagi

    Menurut data yang saya baca di home.bt.com, Berdasarkan laporan Centers for Disease Control diketahui anak-anak sekolah yang tidak sarapan mengalami penurunan kemampuan untuk memecahkan masalah di usia sekolah. Sedangkan siswa yang rutin sarapan mendapatkan nilai tinggi dalam skor tes standat. Dan selain tiu, lebih tepat waktu masuk sekolah, dan jarang absen. Hal ini sebenarnya, cukup menjelaskan tidak sarapan pagi termasuk gaya hidup yang kurang sehat bagi kelangsungan aktifitas kita sehari-hari.

    #4 Kurang Minum Air Putih

    Dalam data internet yang saya baca , menjelaskan bahwa Ketika seseorang tidak membiasakan diri untuk meminum air putih, akan mempengaruhi kesehatan individu tersebut , diantaranya :

    Menggangu Fungsi Otak,
    Infeksi Kandung Kemih,
    Kulit tampak Kusam
    Membahayakan Ginjal
    Gangguan Kesehatan lainnya .
    Kenapa , kurang minum air putih menjadi salah satu gaya hidup yang kurang sehat, hal ini dikarenakan hakekat manusia itu sendiri terdiri dari 60% kandungan air. Minum air putih 6-8 gelas/hari menjadi keharusan. Dan jika diketahui

    Manfaat Air Putih

    fungsi air dalam tubuh manusia itu cukup banyak, diantaranya :

    Menjaga kesegaran tubuh,
    membantu kelancaran sistem pencernaan
    mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat keringat dan urine.
    Selain itu juga berfungsi sebagai pelarut,
    pengatur suhu tubuh,
    katalisator,
    serta sebagai penyedia elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh
    Jumlah yang disarankan : Adalah 2 liter untuk orang dewasa.

    #5 Sering Tidak Mandi

    Beberapa dari kehidupan remaja , terutama remaja yang itu mempunyai kesibukan yang minim. Dalam hal ini pengangguran di rumah, ketika tidak ada kegiatan keluar rumah atau ketika liburan. Banyak dari kita yang masih saja tidak memperdulikan kebersihan diri, dalam hal ini Mandi Pagi.

    Beberapa dari kita malas untuk Mandi Pagi, karena alasan tidak ada kepentingan berdandan, terutama para lelaki. Akan tetapi, ketika kita tahu bahwa Mandi Pagi disini punya manfaat tersendiri bagi kehidupan kita, dimana tidak hanya membersihkan kotoran dan menjauhkan stress. Tapi, Mandi Pagi disini juga cukup berperan dalam meningkatkan system kekebalan dan membantu kulir terhindar dari penyakit , missal : eksem. (Hasil Penelitian)

    • Topik ini diubah 1 bulan, 3 minggu yang lalu oleh  bampranowo.
Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.