Di-tag: 

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #894

    bampranowo
    Participant

    Bagi sebagian besar pecinta seni dan keindahan, keunikan Seni ukir Jepara dapat menjadi salah satu referensi. “Seni ukir Jepara” dapat dibilang yang terbaik di Indonesia dan menjadi salah satu komoditi ekspor utama Indonesia khususnya kota Ukir itu sendiri, “Jepara”.

    Ornamen – ornamen ukiran Jepara yang diterapkan sebagai ciri khas pada mebel Jepara memberikan nilai tambah sehingga mebel Indonesia dapat bersaing di pasar internasional. Bahkan, ciri khas ukiran gaya Jepara yang terdapat di setiap “mebel dari Jepara” lebih unggul dari kualitas seni dengan yang dibuat oleh negara-negara lain seperti Vietnam.

    Saat ini, hampir 80 persen masyarakat Jepara masih melanjutkan aktivitas kegiatan mengukir kayu yang diyakini sudah ada sejak masa Majapahit (Kerajaan Hindu terbesar di Indonesia) pada abad ke-13. Model ukiran Jepara terus berkembang dan mengalami perpaduan baik dalam desain, fungsi, dan estetika sesuai dengan perkembangan Jaman.

    Untuk menghasilkan produk furniture dan kerajinan ukiran terbaik, perajin Jepara biasanya menggunakan kayu Jati sebagai bahan baku utama.

    Didalam daftar komoditi ekspor Indonesia saat ini, produk ukiran Jepara masih ada karena keunikannya. Tidak ada kesamaan antara produk ukiran Jepara, karena ukiran Jepara adalah seni buatan tangan yang tidak dilakukan dengan mesin modern. Ciri khas keunikan yang terdapat pada produk ukiran Jepara membuat Kabupaten Jepara banyak dikenal di pasar mebel dunia.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.